RHOMA CAPRES TERPOPULER DI JAWA TIMUR

Minggu, 13 Januari 20130 komentar


Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md dan Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menjadi dua nama dengan tingkat elektabilitas tertinggi calon presiden dan wakil presiden 2014. Ini berdasarkan hasil survei Preferensi Politik Masyarakat Jawa Timur Menjelang Pemilihan Presiden 2014 yang dilakukan Presisi Poll di Jawa Timur selama dua minggu pada bulan Desember 2012.

Namun, dalam hal popularitas, Rhoma Irama dipilih 95 persen responden. Disusul dengan Aburizal Bakrie dengan 79,8 persen dan Prabowo Subianto dengan 75,1 persen.

Direktur Eksekutif Presisi Poll Heliosa Soerwianto mengatakan, meski Rhoma memiliki tingkat popularitas tinggi, tidak berbanding lurus dengan tingkat akseptabilitas maupun elektabilitas. Untuk akseptabilitas tertinggi dimiliki Dahlan Iskan dengan 73,1 persen, Rhoma Irama dengan 60,3 persen, dan Mahfud MD dengan 44 persen.

Sedangkan saat responden ditanya siapa yang layak menjadi presiden, Mahfud dipilih oleh 15 persen responden. Sementara Dahlan dipandang layak menjadi wakil presiden oleh 12 persen responden.

Tingginya tingkat akseptabilitas dan elektabilitas Mahfud dan Dahlan, menurut Heliosa, dipengaruhi kedekatan keduanya dengan masyarakat Jawa Timur. "Ya proksimitas keduanya memang sangat berpengaruh, karena keduanya memang berasal dari Jawa Timur," kata Heliosa, Ahad, 13 Januari 2013.

Nama-nama calon presiden maupun wakil presiden sengaja disodorkan kepada responden dengan pertimbangan merekalah yang selama ini dikenal dan muncul di masyarakat secara nasional. Hasil ini bisa saja berubah seiring dengan mendekatinya pemilihan presiden 2014 nanti.
Share this article :

Posting Komentar

 
Deposting | SAINS & TEGHNOLOGY
Deposting-----------------------Deposting----------------Deposting-----------------------Deposting De Pos Ting