penomena badai busa di scotlandia

Rabu, 02 Januari 20130 komentar

badai busa skotlandiaJika biasanya badai berupa tipan angin kencang disertai hujan ataupun es, maka di Scotlandia terjadi fenomena alam yang unik. Di area Footdee, Aberdeen, Skotlandia tiba tiba pada pagi hari desa tersebut sudah terselimuti oleh busa putih seiring dengan kerasnya tiupan angin.
Seluruh permukaan area di tempat tersebut ditutupi busa. Termasuk rumah, mobil, gedung, taanaman hingga rumput menjadi putih. Walaupun berbentuk busa namun ternyata tetap mengganggu aktifitas bagi penduduknya. Sehingga mereka seharian harus membersihkan lingkungan mereka.
Sebab badai busa
Walaupun jarang terjadi, namun memang fenomena tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. Menurut  BBC, alam tersebut tercipta dari angin yang bertiup kencang ke Laut Utara, mengocok air laut, udara, residu tanaman dan plankton laut hingga menjadi buih. Selanjutnya angin menyapu kembali ke daratan
Busa yang terhampar. Foto: guardian.co.uk
“Laut bertindak seperti mesin cuci,” ucap Prof Christopher Todd, seorang ahli ekologi kelautan dari  Scottish Oceans Institute, University of St Andrews.
Menurut Todd, tiupan angin kencang yang terjadi di perairan Aberdeen menjadi pememicu “ombak yang luar biasa”. Udara masuk ke air dan bercampur dengan material organik. Selain itu terdapat juag reaksi sel fitoplankton yang menghasilkan banyak lendir. Dari reaksi tersebut terjadi pembentukan busa.
Todd menambahkan, busa laut relatif tersebut bersifat stabil dan tidak berbahaya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Deposting | SAINS & TEGHNOLOGY
Deposting-----------------------Deposting----------------Deposting-----------------------Deposting De Pos Ting