beginilah PNS yg makan gaji buta

Rabu, 02 Januari 20130 komentar


Di akhir tahun 2011 saya mendapat rezeki nomplok, berupa permintaan pengerjaan dari salah satu dinas di kota tempat tinggal saya. Meski tak besar, namun cukup mengejutkan buat saya karena rezeki itu datang tiba-tiba. Di sore hari, saya dapat SMS yang isinya minta saya untuk mengerjakan sebuah proyek kecil. Saking mepet waktu, saya diminta menemui petugas dinas itu meski sore sudah larut. Sebagai pelayanan terhadap costumer, sayapun menemuinya dan menyelesaikan segala administrasi.
Saat itu saya tanyakan materi spanduk yang akan dicetak itu. Salah seorang staf mencoba membuatkan. Namun temannya meminta datang kembali beberapa hari kemudian menunggu staf yang biasa membuatkan kata-kata dalam spanduk. Selang beberapa hari, saya datang kembali menanyakan hal yang sama. Staf yang dimaksud sudah datang dari luar kota dan ada di ruang yang sama malah saya sempat ngobrol. “Ntar aja, saya SMS kan materinya belum dibikin nee”. Kata staf itu. Sayapun pulang dengan tangan hampa.
Saat itu saya mencoba menawarkan biar saya yang membuatkan materi di spanduk. Seblum cetak akan saya informasikan kembali untuk dilihat apakah ada yang kurang atau yang lebih. Usul itupun tidak diterimanya.
Hingga saat ini materi untuk spanduk itu belum saya terima. Administrasi sudah saya selesaikan untuk SPJ, termasuk deal harga.
Saya jadi berfikir, seandainya semua kinerja PNS seperti itu, bagaimana nasib negara dengan ratusan juta penduduk ini. Soal bikin materi spanduk saja yang hanya menyita watu beberapa menit, bertele-telanya minta ampun. Seandainya waktu itu meluangkan waktu atau bahkan meminta saya membuatkan materi, saya pikir tidak akan menyita waktu setengah jam. Merek saat tak sibuk-sibuk amat. Hanya ngutak-ngatik laptop di mejanya.
Barangkali ini soal mental sebagian PNS di negeri tercinta ini. Bekerja hanya menunggu gajian setiap awal bulan. Semoga PNS lain di Indonesia tidak seperti itu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Deposting | SAINS & TEGHNOLOGY
Deposting-----------------------Deposting----------------Deposting-----------------------Deposting De Pos Ting