anda bisa memeriksa sendiri kerusakan blackbery anda

Minggu, 30 Desember 20120 komentar


dps Blackberry tidak hanya sekedar smartphone. Sudah sejak lama Blackberry menjadi tumpuan aktivitas bisnis banyak orang. Tentu akan menjadi kerugian besar ketika Blackberry anda tiba-tiba ngadat dan terindikasi terdapat kerusakan.
Anda pasti berpikir, akan sangat lama jika dibawa ke service center, apalagi harus antri dengan pelanggan yang lain. Apalagi jika anda buta sama sekali terhadap kerusakan Blackberry, bisa jadi anda akan terkena aksi tidak jujur oknum service center yang bisa membengkakkan biaya service anda.
Bagaimana solusinya? Sejak Blackberry OS 7.1 muncul, sebenarnya telah terdapat fitur yang memungkinkan anda mendiagnosa kerusakan Blackberry anda, terutama masalah yang bersifat umum. Fitur ini bernama Blackberry Device Analyzer. Bagaimana langkah menggunakannya? Mari kita simak bersama!
Add caption

1. Blackberry Device Analyzer bisa diakses pada menu Options>Device>Advanced System Settings>Blackberry Device Analyzer
2. Atau manfaatkan fitur universal search dengan klik pada ikon kaca pembesar di bawah indikator sinyal, dan ketikkan keyword Analyzer.
3. Pertama kali mengakses, anda akan menemuka pop up End User License Agreement, scroll kebawah dan klik “I Agree”.
4. Layar akan menampilkan 6 kategori kasus yang berbeda untuk masalah yang berbeda pula.
Add caption

Email
5. Jika anda merasa bahwa ada masalah dengan email yang terhubung dengan Blackberry, anda bisa memilih Internet Mail Account Issues dari pilihan utama Android Device Analyzer. Kemudian pilih Internet Mail Account Configuration Test
6. Tentukan akun email anda yang anda rasa bermasalah, tentu saja akun email yang sudah terhubung dengan Blackberry anda.
7. Klik Start, Blackberry akan menjalankan sejumlah pengecekan secara otomatis pada akun email anda. Selanjutnya akan ditampilkan laporan kerusasakan jika ditemukan, klik Next untuk melihat laporan, atau klik Done untuk mengakhiri pengujian.

Baterai
Add caption

8. Anda merasa ada yang salah dengan baterai? seperti baterai yang cepat habis atau ketika di-charge tidak ada aliran listrik yang masuk? Anda bisa membuka Battery Test. Terdapat tiga pengujian yang bisa dilakukan.
9. Pengujian pertama adalah”Not Charging”, jika anda merasa proses charging tidak berjalan walau Blackberry anda sudah terhubung ke charger.
10. Merasa proses charging terlalu lambat? Pilih “Battery Charging too slowly” lalu klik start. Blackberry akan memonitor baterai dan diagnosa akan diberikan setia jam.
11. Pengujian terakhir adalah jika anda merasa daya baterai habis terlalu cepat. Tinggal klik start dan pengujian akan berjalan secara otomatis.

Kinerja 
Add caption
12. Kinerja yang lambat sering sangat menjengkelkan. Hal ini biasanya terjadi karena banyak sekali proses yang berjalan di background yang tentu akan memakan memori RAM. Untuk mengeceknya, Uji dengan “Issues With Device Responsiveness”, dengan ini anda dapat melihat presentase penggunaan RAM.

Konektivitas Seluler
13. Jika anda merasa terdapat masalah pada konektivitas seluler anda, pilih “Cellular Network Connection Issues”. Pilihan ini akan mendeteksi masalah yang berhubungan dengan koneksi suara (untuk panggilan telepon), data, dan Blackberry Service.
14 Jika anda tidak bisa terhubung ke jaringan operator untuk melakukan panggilan suara maupun layanan data, pilih “Cannot Connect to Network” untuk mengeceknya.
15. Atau pilih “Intermittent Connection Drops” jika anda merasa sambungan ke jaringan seluler tidak stabil. Pilihan ini akan memonitor kekuatan sinyal anda, dan laporannya dapat anda terima melalui pilihan Intermittent Connection Trends.

Konektivitas WiFi
16. Pilihan yang ada untuk melakukan pengujian terhadap kualitas konektivitas WiFi. Di dalam pilihan “Wi-Fi Connection Issues” terdapat 5 pengujian tool seperti, Intermittent Connection Drops, WiFi Diagnostic, DNS Lookup, Ping, dan Site Survey Tools.

Hardware
Menu hardware memberi fasilitas kepada anda untuk melakukan pengecekan terhadap perangkat keras Blackberry.
17. Pertama adalah pengujian terhadap GPS. Pengujian ini akan menjalankan fungsionalitas GPS untuk memeriksa lokasi anda, dan mengecek apakah berjalan dengan baik.
18. Pilihan holster digunakan untuk mengetahui apakah sensor yang mendeteksi holster bekerja dengan baik. Pengujian dilakukan dengan memasukkan Blackberry ke dalam holster, lalu mengeluarkannya kembali.
19. Tersedia pula pilihan Playback, dimana digunakan untuk menguji apakah Blackberry bisa memutar suara yang direkam menggunakan Blackberry itu sendiri. Anda akan diminta untuk merekam suara selama 5 detik dan akan diuji apakah Blackberry anda bisa memutarnya kembali.
20. Pilihan SD Card digunakan untuk menguji apakah fungsi menulis, membaca, dan menghapus data ke kartu memori berjalan dengan baik atau tidak.
21. Dan yang terakhir adalah speaker. Anda diminta untuk memilih speaker yang akan diuji, karena di dalam Blackberry terdapat dua speaker, yaitu speaker handset dan loudspeaker.
Jadi, siapkah anda menjadi Dokter Pribadi Blackberry?
Share this article :

Posting Komentar

 
Deposting | SAINS & TEGHNOLOGY
Deposting-----------------------Deposting----------------Deposting-----------------------Deposting De Pos Ting