PRO KONTRA BAHAYANYA GOOGLE GLASS

Jumat, 26 Juli 20130 komentar

Walaupun sudah ada bantahan bahwa Google Glass aman dipakai anak berusia di bawah 13 tahun, ada satu bagan yang mungkin dapat menjelaskan kenapa Google Glass tidak boleh digunakan oleh anak kecil.

Sebelumnya, Google telah memberikan larangan kepada penggunanya yang masih berumur di bawah 13 tahun untuk menggunakan produk baru mereka tersebut. Peringatan resmi tersebut telah ditulis Google dengan jelas pada halaman tanya jawab di situs resminya.

Namun, sesaat setelah larangan dari Google selaku pembesut Google Glass muncul, ada bantahan dari seorang dokter bernama Dr Jim Sheedy seorang Direktur Riset Optometric di Pacific College of Optometry.

Sheedy mengatakan bahwa larangan Google tersebut sama sekali tidak beralasan. "Saya sama sekali tidak melihat ancaman kacamata pintar terhadap kondisi anak di bawah usia 13 tahun," ujar Sheedy.

Namun, apabila kita coba melihat dari bagan seputar pemakaian dan sudut gambar serta visualisasi yang diterima mata ketika menggunakan Google Glass, maka larangan Google tersebut ada benarnya.
Google Glass
Memang selama ini belum ada keputusan pasti mengenai tingkat radiasi yang wajar untuk diterima tubuh manusia, namun dengan kondisi dan fisik tubuh seorang anak, maka tingkat radiasi yang dipancarkan Google Glass jelas berbahaya.

Dengan menggunakan Google Glass, radiasi yang akan diterima tubuh adalah radiasi dari baterai dan CPU-nya. Apalagi kekuatan fisik dari seorang anak lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa.

Selain itu, secara logika, melihat sesuatu dalam jarak dekat, dalam kondisi mata normal, dapat membuat pusing.

Apabila digabungkan antara fisik anak berusia di bawah 13 tahun dan jarak antara mata dengan proyektor serta prisma Google Glass, maka tidak menutup kemungkinan kerusakan mata dapat terjadi.

Walaupun mengatakan bahwa Google Glass kurang aman untuk digunakan anak berusia di bawah 13 tahun, namun, seperti dikutip dari Daily Mail (06/05), Google akan terus mengembangkannya dengan bantuan dari para ophthalmolog agar perangkat ini dapat digunakan oleh siapa saja.
Share this article :

Posting Komentar

 
Deposting | SAINS & TEGHNOLOGY
Deposting-----------------------Deposting----------------Deposting-----------------------Deposting De Pos Ting