sering buang GAS | konsiltasi

Jumat, 08 Februari 20130 komentar

Dokter yang terhormat, saya pemuda berusia 20 tahun. Saya mempunyai masalah dengan pencernaan saya, karena sering kentut. Pada awalnya saya menganggap normal, tapi lama kelamaan saya merasa terganggu. Padahal, setiap hari saya sudah makan teratur. Yang ingin saya tanyakan:
a. Apakah ada masalah dengan pencernaan saya?
b. Apakah itu normal?
c. Bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih atas jawabannya.
Sulaiman Rhosyd, Surabaya

Kepada Mas Sulaiman Rhosyd, penyebab dari kentut adalah adanya sisa makanan yang terdapat pada usus besar sehingga menimbulkan sumber gas. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Antara lain:
- Saat mengunyah makanan harus lebih baik. Sebelum ditelan harus dipastikan makanan tersebut hancur, baru kemudian ditelan. Hal itu berguna agar pencernaan kimia di usus halus berjalan optimal. Jadi, ampas atau sisa kotoran betul-betul hanya ampasnya. Kalau ampasnya masih ada sisa makanannya, maka akan ke usus besar dan menjadi gas atau yang sering disebut kentut.
- Cukupkan kebutuhan serat dan banyak makan buah serta sayuran.
- Lancarkan buang air besar pada pagi dan sore hari supaya tidak menimbulkan sumber gas atau kentut. (*)

Share this article :

Posting Komentar

 
Deposting | SAINS & TEGHNOLOGY
Deposting-----------------------Deposting----------------Deposting-----------------------Deposting De Pos Ting